Ini Film yang Wajib ditonton setidaknya Sekali Seumur Hidup

Industri perfilman memang tak ada habisnya untuk diperbincangkan, bagaimanapun juga menonton film selalu dapat memberikan satu pandangan baru, wawasan maupun tempat-tempat unik yang belum pernah diekspose sebelumnya. Dari film juga aku pribadi bisa belajar mengenai karakter orang, kebiasaan, jenis konflik dan juga pendekatan penyelesaiannya.

Berikut adalah beberapa film yang menurutku bisa banget dan wajib fardhu ain untuk ditonton at least sekali seumur hidup. Sebenernya banyak film lain yang juga bisa dijadikan bahan pelajaran, tapi aku memilih film - film ini dengan pertimbangan yang agak related dengan pengalaman atau pun halusinasi pribadi haha. Nah berikut film - filmnya silahkan disimak :

1. Shawshank Redemption 
Hasil gambar untuk shawshank redemption

Film keluaran tahun 1994 ini sampai sekarang masih menduduki posisi pertama di rating IMDB. belum ada film - film baru yang bisa menggantikan posisi Tim Robbins dan Morgan Freeman yang beradu akting bersama dengan setting tempat mostly di dalam sel-sel penjara. Disini Morgan Freeman keliatan muda banget. Bercerita tentang tokoh Andy yang diperankan oleh Tim, seorang bankir yang menjalani masa tahanan di rumah tahanan Shawsank Redemption atas kejahatan yang tak ia lakukan. Film ini terus bisa mengingatkan bahwa selalu ada harapan di tempat tanpa harapan sekalipun. Wajib banget ditongton terutama saat sedang merasa mengalami ketidakadilan.

2. PK 
Gambar terkait
Selain 3 idiots film dengan pemeran utama Aamir Khan lainnya yang menarik adalah PK, plot mengalir dengan kedatangan tokoh utama sebagai alien ke bumi untuk melakukan riset tentang keadaan aktual. Alien ini kemudian belajar menjadi penduduk bumi dengan segala permasalahan sosialnya. Banyak dibumbui komedi tentang kekonyolan dan innocent nya tokoh utama mengenai pertanyaan - pertanyaan sederhana yang jawabannya sangat rumit. Mengandung tema sensitif seperti agama dan ketuhanan. Namun sangat mencerahkan dibagian akhir. Heartwarming, juga encourage penonton untuk mencari tahu lebih tentang tema yang telah dibahas. 

3. Lion
Hasil gambar untuk lion film
Awalnya aku kira film ini akan bercerita tentang singa dan kehidupannya di hutan Afrika. Tapi ternyata justru film ini menitikberatkan tentang nilai-nilai keluarga. Super mengharukan dari awal hingga akhir. Plot yang biasa dengan cerita yang tidak terlalu banyak konflik rupanya tetap membuat lion semenarik itu. Karena, ternyata film ini terinspirasi dari kisah nyata. Tentang seorang anak India dan kehidupannya. Sempat menjadi salah satu nominasi best picture di Oscar 2017. Selain itu total terdapat 6 Nominasi Oscar 2017 lainnya. Overall meskipun film ini bertabur air mata, tapi sungguh menarik dan patut untuk ditonton terutama untuk barisan - barisan sayang Ibu diluar sana. 

4. Hello Ghost
Hasil gambar untuk hello ghost film

Film Korea yang diawali dengan scene tokoh utama hendak melakukan bunuh diri. Ini bukan kali pertama tokoh utama mencoba untuk bunuh diri, karena lelah dengan kehidupan pengangguran dan sebatang kara-nya. namun niatnya selalu gagal. akibatnya dia memiliki kemampuan untuk bisa melihat makhluk astral. Cerita semakin kompleks dengan kedatangan empat orang arwah yang meminta untuk dituruti keinginannya, dari mulai arwah anak kecil, ibu, bapak dan juga arwah seorang kakek. Film ini bukan bergenre horror meskipun berkaitan dengan makhluk astral, justru sangat menghangatkan dan bikin homesick. Boleh ditonton bersama keluarga supaya bisa sekalian mengungkapkan rasa sayang hehehe

5. Fight Club
Hasil gambar untuk fight club

Bercerita tentang tokoh utama sebagai pekerja kantoran yang mulai bosan dengan rutinitasnya. Merasa mati dalam keseharian, akhirnya bertemu dengan satu tokoh bernama Tyler di dalam sebuah pesawat dan persahabatan mereka pun berlanjut dengan mendirikan sebuah perkumpulan pertarungan tinju ilegal jalanan untuk memperoleh kepuasan. Tokoh utama merasa lebih hidup dengan persahabatannya bersama Tyler. Konflik mulai terasa saat tokoh utama mempertanyakan eksistensi di dalam Club. Tapi plot akhirnya, sungguh mindblowon. Tips sebelum nonton fight club adalah jangan pertanyakan apapun yang ada di dalam film. Nikmati saja filmnya

6. Gone Girl
Gambar terkait

Sesuai dengan judulnya, film ini bercerita tentang seorang perempuan, yakni tokoh utama bernama Amy seorang penulis yang tiba-tiba menghilang tanpa jejak. Amy yang merupakan penulis buku anak-anak 'Amazing Amy' mulai menimbulkan kontroversial dengan hilangnya yang secara tiba-tiba. Sempat ada tuduhan Amy dibunuh oleh suaminya sendiri yang psycho. Plot maju dengan sederhana diawali dengan scene Amy bersama dengan suaminya. Akhir cerita yang sangat twisted memberikan pesan bahwa kita harus hati-hati dan tidak mudah percaya bahkan dengan orang terdekat sekalipun. 

7. Searching
Hasil gambar untuk searching film

Film keluaran tahun 2018, memiliki angle pengambilan gambar yang unik, kita disuguhkan dengan perkembangan komputer mulai dari DOS , Windows Xp, Hingga Machintosh. Film ini menceritakan tentang seorang ayah yang kehilangan anaknya, bernama Margot. Ia lalu berusaha tracing ke setiap sosial media yang dimiliki anaknya untuk menemukan apa motif dibalik hilangnya Margot. Film ini menarik karena terdapat plot twisted-ception* (red: istilah penulis sendiri) atau plot twisted yang bertumpuk. Sehingga opini penonton diarahkan untuk menuduh orang yang salah. Wajib ditonton untuk penggemar sosial media. 

8. Predestination
Hasil gambar untuk predestination

Bercerita tentang time travelling yang memungkinkan dimasa depan. Namun justru menimbulkan paradoks dengan plotnya yang saling bertumpuk. Sedikit membingungkan diawal namun malah menggiring opini penonton di akhir. Film ini wajib ditonton untuk memberikan satu perspektif baru tentang kehidupan. Helaian waktu, dan juga kemungkinan - kemungkinan diluar sana. Sangat imajinatif dan ya membuat otak berolahraga

9. 500 days of Summer
Hasil gambar untuk 500 days of summer review

Film drama percintaan yang bercerita tentang kisah cinta antara dua orang tanpa status yang berjalan dengan segala konfliknya. Pelajaran dari film ini adalah bukan berarti dengan kesamaan yang sama lantas orang menjadi berjodoh. Tokoh utama Summer diceritakan sangat cantik dan memiliki wawasan luas sehingga mampu menghipnotis semua pria yang ada disekelilingnya. Wajib ditonton untuk orang yang lebih menyukai drama realistis dalam hal percintaan. Selain itu soundtrack yang sangat eargasm tercipta didukung oleh lagu-lagu The Smiths, dan Sweet Disposition nya Temper Trap. 


Nah itulah 9 film yang wajib ditonton setidaknya sekali seumur hidup versiku, Selamat menonton !

NDSD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar