Makan Apa?

Hidup untuk makan atau makan untuk hidup ?

Perlu perjalanan yang panjang untuk menjawab satu pertanyaan sederhana ini. untuk seseorang yang selalu meletakkan pelarian pada makanan kayak aku, hal yang paling primitif untuk membuat aku nyaman adalah makan--selain tidur-- tentunya. Gak peduli seberat apapun hariku, dua hal ini selalu bisa menyembuhkannya. Either mau makan jauh yang enak, atau tidur seharian. Setelah itu baru kontemplasi untuk bisa bangkit dan menyusun lagi, apa - apa yang udah berantakan, retak atau bahkan rusak.

Kalo ngomongin makanan gak jauh - jauh dari penyakit yang menyertainya. Papa pernah ngomel kalo aku lagi sakit masalah pencernaan. "You are what you eat. makanya harus hati-hati kalo makan!"

Aku termasuk team yang gak akur banget sama sistem pencernaan tubuhku, sering makan ngaco, udah gitu gak teratur. Riwayat sakit juga selalu gak jauh dari masalah pencernaan, mulai dari konstipasi, typus, hingga maag. Sampai akhirnya aku kena GERD. Buat yang belum familiar dengan GERD ( Gastroesophageal Reflux Disease) atau sering disebut orang awam sebagai maag akut ini, disebabkan refluks atau kenaikan asam lambung yang tidak pada tempatnya. Asam lambung yang sifatnya destruktif kan biasanya digunakan untuk menghancurkan makanan, Nah ini gak boleh keluar dari organ lambung yang udah didesain ada membran khusus, refluks ini bisa membuat permukaan organ lain--seperti kerongkongan--terluka dan mengalami peradangan gejalanya biasanya sesak napas tiba-tiba. Pas pertama dapet serangan rasanya udah kayak mau lewat aja, sesesak itu. Awalnya kirain penyakit jantung atau asma, eh ternyata itu namanya heartburn.

Mungkin salah satunya dari trigger heartburn ini, tetiba berpikir aja untuk bisa makan secara sadar. Ehgimana maksudnya ? jadi kemarin - kemarin makannya pengsan gitu ? Bukan.. bukan.
Tapi lebih kepada sadar dengan makanan - makanan yang kita konsumsi dalam seharinya. Memang aku belum tahap untuk ngitungin kalori, atau stop makanan junk yang sama sekali gak bergizi. Tapi aku mulai dengan lebih sering konsumsi sayur dan karbo kompleks. Apalagi penderita GERD banyak banget pantangan makanannya, Kurangin pedas , kurangin asem, kurangin makanan berlemak hingga kurangin cokelat. Wowowooo semuanya kan kecintaanku :(

Setelah bikin food journal ala - ala, untuk sebatas catet makanan apa yang telah aku konsumsi, aku baru nyadar ternyata mayoritas yang aku konsumsi adalah karbo dari nasi dan juga apa - apa yang digoreng, like ayam goreng- telur goreng, dan sambal. Jarang banget makan sayur yang proper. gitu aja looping.  Snacking juga sering pempek dengan cuka asem pedes ( eh makan pempek itu boleh dimasukkin snacking gasih wk), macaroni penuh mecin, dan cokelat.

Jadilah aku mulai otodidak belajar makan sayur, belajar swap swap menu sayur biar gak bosen, sampai pada akhirnya belajar masak sendiri. Jadi berikut contoh masakan sotoy yang ternyata enak juga - tentunya ini self proclaimed ya karena yang makan aku sendiri yauda dibilang enak aja heuheu.



Karena lebih sering makan sayur dan buah gaktau kenapa the urge untuk makan hal-hal yang junk itu berkurang aja gitu, mungkin ini yang kata orang-orang fokus di solusi bukan di masalah #ahzek. Seriously jadi kalo lihat cokelat diskon vs liat apel atau brokoli diskon lebih napsu ke apel dan brokoli.

Selain itu jadi bisa eksplorasi snacking yang lebih berfaedah macem bikin smoothie bowl gini.
basenya pake jambu, karena emang gak terlalu suka pisang, sisanya buah potong sama mueslix buat topping.


Belanja buah dan sayur dimanasih biasanya ? Kalo virus rajin lagi dateng, pasar tradisional jadi pilihan utama, karena kalo masih pagi sayur dan buah masih seger, Kadang kalo lagi mager mager club, udah capek kerja seharian bawaanya males kalo musti pilih-pilih sayur ke veggie market yang ada di mall dekat kosan, maka sayurbox lah jadi pilihan. lah ngiklan? tapi betulan deh

Jadi buat temen-temen yang ingin belanja sayur cuman mager keluar rumah, caranya gampang banget tinggal klik Website Sayurbox pilih area dan tanggal pengiriman, lanjut deh pilih sayur yang akan dibeli. Selain sayur dan buah segar, sayurbox juga punya produk ready to drink smoothie, simple salad dan snack sehat macem granola dan teman-temannya. Bisa kepoin di instagram @sayurbox sering ada promo juga. jadi pantengin aja, Oya sayurbox juga sediakan hampers-hampers untuk acara eventual, Suka deh kalo ada yang ngirimin aku hampers sayuran #lah kode.

penampakan hasil belanja di sayurbox tempo hari,

Karena mulai sadar kalo makanan itu gak sekedar makanan aja, tapi sebagai penghantar nutrisi ke tubuh, jadi aku nemu quotes yang bisa diinget - inget saat aku mulai ngaco lagi.

One cannot think well, love well, and sleep well if one has not dined well
__Virginia Wolf.

NDSD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar