CPNS 2018 : Ini yang Harus dipersiapkan !


Ditengah stereotype yang berkembang di masyarakat soal kinerja Pegawai Negeri Sipil yang banyak menimbulkan kontroversi, nampaknya ketertarikan untuk menjadi bagian dari keluarga besar abdi negara ini masih menjadi hal yang banyak dibicarakan dan bahkan diminati. Hal ini terbukti dari antusiasme masyarakat saat pendaftaran CPNS tahun 2018 resmi dibuka oleh BKN melalui  siaran pers Nomor 021/RILIS/BKN/IX/2018 yang menggemparkan para jobseekers.

Berkaca pada penerimaan terakhir yakni tahun 2017, jumlah pendaftar CPNS tembus hingga lebih dari 1,1 juta pelamar, padahal formasi yang tersedia hanya 17 ribu. artinya seseorang akan bertarung dengan setidaknya 58 peserta demi memperebutkan satu posisi saja.



19 September 2018 mendatang, pendaftaran CPNS akan dibuka serentak dan akan digadang-gadang menjadi proses penerimaan CPNS yang terbesar. Beberapa berpendapat bahwa ini erat kaitannya dengan intrik pemilu 2019 yang akan berlangsung, tapi disisi lain jika dilihat dari kebutuhan internal, banyaknya pegawai yang pensiun juga menjadi salah satu faktor pendorong untuk penerimaan tenaga baru.

Untungnya sedikit perbaikan telah dilakukan dalam sistem penerimaan CPNS zaman now yang sudah mengusung sistem satu pintu dengan melaksanakan pendaftaran melalui BKN ( Badan Kepegawaian Negara),untuk temen-temen yang berminat menjadi salah satu bagian dari civil servant, simak beberapa tips berikut

1. Perbaiki Niat

Beberapa mungkin masih berpikir menjadi PNS dengan harapan bisa meminimalisir pressure ataupun beban kerja, ingin kerja santai tapi dibayar, atau menyerap anggaran di kegiatan-kegiatan nirfaedah.  as it turns out ternyata anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Pressure akan selalu ada dalam jenis pekerjaan apapun, jadi urungkan niat untuk kerja lebih santai maupun bisa jalan-jalan ke pasar di tengah jam kerja yang biasa dilakukan PNS zaman old. PNS zaman now akan dipersiapkan menuju birokrasi kelas dunia di tahun 2024, Sedikit bocoran, sistem penilaian dan sistem gaji juga akan menjadi salah satu hal yang akan mengalami reformasi. Niat yang baik di awal akan menentukan langkah kita selanjutnya, jadi instead of mikirin niat ‘nggak bener’ demi mendapatkan kemudahan-kemudahan pns, lebih baik deep dive lagi ke dalam diri sendiri, benarkah ingin menjadi PNS? apa motivasi utamanya? ikut dalam euforia coba-coba atau memang ingin mengabdi pada negara?
A wise man said : Niat itu ibarat ngirim surat, salah nulis alamat maka sampainya juga salah tempat

2. Research ! Research ! Research !

Lakukan banyak research sebelum memutuskan untuk ikut dalam keriaan pendaftaran CPNS 2018, hanya demi uang pensiun yang gak seberapa, hidup lebih terjamin, SK bisa digadaikan atau segala macam bumbu motivasi lainnya. Research penting dilakukan agar kita memahami aturan main yang ada saat sudah menjadi PNS. Selain itu juga dapat lebih memahami tugas pokok fungsi sebuah lembaga, agar nantinya pekerjaan kita dalam tanda kutip tidak salah alamat.
Kesesuaian kompetensi menjadi syarat utama dalam pendaftaran CPNS, jadi jangan coba-coba mendaftar pada formasi yang tidak linear dengan tingkat pendidikan. Research juga bisa dilakukan dari pengalaman teman-teman yang sudah melaksanakan tes CPNS sebelumnya, untuk lebih memahami medan peperangan. the point is jangan sampai keputusan untuk mengikuti pendaftaran CPNS tidak didasari pada hal-hal yang sesuai dengan logika. Gaji yang akan mulai dari nol juga harus dipertimbangkan, apalagi untuk temen-temen yang sudah bekerja sebelumnya, maka akan sedikit mempunyai pembanding dalam hal kesejahteraan.

3. Siapkan kebutuhan administrasi yang general

Seluruh proses pendaftaran akan digawangi oleh Badan Kepegawaian Negara ( BKN ), kebutuhan administrasi tentunya bergantung pada setiap lembaga, dan masing-masing memiliki ketentuan yang berbeda. Namun, ada beberapa kebutuhan administrasi general yang dapat dipersiapkan lebih dahulu. Sebagai contoh,
  •         Pas foto ( siapkan beberapa kemungkinan seperti ukuran 3 x 4, 4x6)
  •         scan dokumen pribadi ( KTP, KK,Akte Kelahiran, Daftar Riwayat Hidup)
  •         scan dokumen pendukung (  Ijazah, transkrip,toefl,SKCK)

Perhatikan setiap detail yang ada pada syarat-syarat, seperti misalnya foto harus berlatar belakang merah, format file tertentu, ukuran file tertentu, karena hal ini pun menjadi salah satu penentu keberhasilan temen-temen untuk lolos pada tahap selanjutnya. Tahap administrasi adalah gerbang utama untuk bisa bertaruh peruntungan di tahap-tahap selanjutnya maka persiapkan dengan baik. Kalo perlu buatlah checklist tertentu untuk making sure seluruh persyaratan sudah sesuai dengan ketentuan

4. Pahami Alur

Alur pendaftaran tes CPNS tidak terlalu berbeda dengan tahap tes pada umumnya, namun ada sedikit perbedaan di bagian teknisnya seperti penggunaan Sistem CAT ( Computer Assisted Test) yakni tes tentang kompetensi dasar berdasarkan sistem komputer yang dapat diketahui hasilnya langsung setelah tes dari aplikasi CAT tersebut. Nah berikut adalah gambaran alur dari pendaftaran CPNS tahun 2017 yang pernah saya lalui dulu :

  • Pendaftaran online melalui portal sscn.bkn.go.id ( sabar, pasti akan sering down, lemot, karena diakses oleh jutaan orang pada satu waktu, luangkan waktu seperti sepertiga malam, atau setelah subuh untuk meminimalisir traffic )
  • Pembukaan portal ini pada range waktu tertentu, catat tanggalnya, karena akan tidak bisa diakses setelah proses penerimaan selesai. silahkan cek informasi lembaga-lembaga maupun kementerian yang membuka lowongan, siapkan dokumen sesuai dengan yang dibutuhkan
  • Pengumuman seleksi administrasi ( jika lolos dalam seleksi administrasi, kita akan bisa mencetak kartu peserta untuk digunakan dalam seleksi kompetensi dasar ( SKD) )
  • Seleksi Kompetensi Dasar yang dilakukan dengan sistem CAT ( Computer Assisted Test) terdiri dari 3 jenis kompetensi yaitu mengenai wawasan kebangsaan, matematika dasar, dan juga semacam test kepribadian. Soal akan terdiri dari 100 nomor dan dikerjakan dalam waktu kurang lebih 100 menit artinya 1 soal harus selesai dalam 1 menit. Sedangkan tingkat kesulitan masing-masing soal berbeda. Hints : kerjakan soal dari nomor 60, karena nomor 60 – 100 adalah soal tentang kepribadian yang akan lebih mudah dikerjakan. lalu mulailah dari nomor 1 mengenai wawasan kebangsaan dan berlanjut pada soal logika / matematika dasar. Alat tulis dan juga lembar hitungan disediakan oleh BKN.
  • Pengumuman Seleksi Kompetensi Dasar  ( jika lolos dalam seleksi SKD, maka akan lanjut pada tahap SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang). Pada proses SKB tergantung dari masing-masing lembaga dan prosesnya bervariasi, ada yang menggunakan tes psikologi dan tes kemampuan teknis, pengalaman saya kemarin adalah teknis pengetahuan mengenai kerekayasaan. Karena saya mendaftar sebagai perekayasa / engineer.
  • Setelah SKB akan dilakukan pemberkasan untuk persiapan wawancara. Berkas yang dibutuhkan adalah dokumen fisik dari softfile yang telah diupload pada portal BKN sebelumnya. siapkan juga yang asli untuk ditunjukkan pada panitia. Panitia hanya mensyaratkan yang fotocopy saja.
  • Seleksi Wawancara telah dipetakan sesuai dengan unit-unit pada lembaga yang temen-temen pilih. Pertanyaannya seputar pengalaman kerja, motivasi, dan tantangan-tantangan PNS kedepan
  • Pengumuman akan selalu terpampang nyata di website kementerian / lembaga terkait, jadi sering-sering cek dan join group telegram/ whatsapp yang biasanya tetiba ada dari hasil inisiatif temen-temen sesama pendaftar
  • Pemberkasan bagi peserta yang dinyatakan lulus. Pemberkasan meliputi dokumen pribadi, SKCK, Surat Keterangan Sehat Jasmani, Surat Keterangan Sehat Rohani, Surat Akreditasi  Kampus, Ijazah dari SD – Ijazah akhir, Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah sakit Pemerintah dan beberapa dokumen lain tergantung pada lembaga terkait.


5. Persiapan Tes

Setelah memperbaiki niat, sedikit research dan juga memahami alur penerimaan, maka saatnya persiapkan tes dengan matang. Banyak contoh soal yang dapat diunduh baik dalam bentuk dokumen, maupun aplikasi tertentu untuk mengasah otak agar lebih familiar dengan soal-soal wawasan kebangsaan maupun soal lainnya.
Siapkan juga dresscode utama cpns seperti kemeja polos putih lengan panjang, celana/rok hitam, dasi hitam, kerudung hitam ( bagi yang berkerudung), dan sepatu pantofel.
Siapkan kartu peserta, dokumen pendukung, alat tulis pribadi dan datang lebih awal.
Setelah semuanya dipersiapkan dengan baik, saatnya break a leg ! mainkan dan habisi proses-proses dan tahapan yang ada.

6. Berdoa

Tentunya setelah kita berusaha, maka tidak akan ada gunanya tanpa berdoa supaya ditenagai dari Yang Maha Kuasa, mohon doa juga pada orang tua dan saatnya pasrah terhadap segala keputusan yang terjadi. Ingatlah bahwa rezeki ada dimanapun asalkan kita mau berusaha. Don’t take it too seriously but take the test really serious ! Hard work never betray dan tentunya Faktor Luck dibutuhkan, saat persiapan yang kamu lakukan datang pada saat yang tepat dengan God’s will maka disitulah faktor luck muncul. Jadi jangan lengah untuk berusaha dan berdoa.
Semangat !

NDSD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar