Tips buat antek pejuang cin(TA)

9 : 11 PM

Skripsweet atau cin(TA) emang paling bisa bikin galau sekaligus seneng maksimal atau everything in between. Harusnya hari ini banget tepatnya tadi jam 2 siang, pengumpulan draft terakhir. Tapi, Allah, memerintah kan seluruh semesta untuk mendukung kalo pengumpulan draft ditunda.
mau sedih takutnya kufur nikmat orang udah dikasih waktu tambahan buat ngerjain. mau seneng juga belum waktunya seneng soalnya ini TA lagi gantung gitu. antara yes or no. antara abis menyatakan cinta lalu jawabannya ga ada. Ini tuh rasanya kayak pertanyaan-mau makan dimana- yang dijawab-terserah.

Berdasarkan kegalauan pribadi, muncul deh beberapa tips and saran khususnya buat antek antek (red : anak teknik) cantik dan tampan buat memilih dan memantapkan hati perihal tugas akhir yang bakalan diPDKT in selama satu semester.

1. Cari topik yang disuka, selera nomor satu
klise sih ya sapa juga yang mau bikin tugas akhir soal sesuatu yang gak di sukain. Tapi, pada kenyataannya ada juga loh yang ngambil topik tugas akhir cuman biar 'ada temennya' atau faktor 'ikut-ikutan' dengan tangguh bilang 'bisa belajar sambil jalan' atau berbagai alasan2 lain. sebenernya gak masalah mau ada temen atau enggak. tapi pilih tugas akhir yang disuka itu bakalan bisa buat mood booster kalo di tengah2 jalan udah stuck gak tau mau ngapain lagi. Kalo gak suka boro2 mau nyelesein ngerjain aja pasti males. contoh nih ya aku ngambil TA soal electric vehicle alias mobil listrik and charging stationnya karena emang lagi pingin tau banget perkembangan teknologinya sejauh apa dan bisa buat riset juga kedepannya bantu2 institut. meskipun hasil gak seberapa tapi TA yang sekaligus bantu orang lain itu berasa bikin nambah tingkat kekecean 100 %.
topik yang disuka itu harus, topik yang kontributif bonusan lah ya.

2. PDKT full sama topik, buat jadwal kencan
seriously, kamu harus bener-bener PDKT tingkat dewa banget soal topik yang bakalan kamu garap, harus tau gimana plus minusnya dan semacamnya sampe dalem. sebaiknya buatlah jadwal kencan bareng goal-goal per minggu dan rajin-rajin lah progress bersama dosen pembimbing agar gak salah konsep. pengalaman pribadi nih jangan sampai H-20 baru ngeh sama topik tugas akhir dan apa-apa yang dibutuhin.
Pesen buat antek : skripsweet atau TA gaisa dikerjain sks alias sistem kebut semalam. Apalagi kalo tugas akhirnya implementasi yang perlu banyak troubleshooting.

3. Be a fast and effective learner
Buat ngerjain tugas akhir bakalan banyak banget hal-hal aneh yang sebelumnya kamu belum pahami atau belum familiar, belajarlah tentang hal yang berkaitan dengan topik dan ambil ide pokoknya saja. pahami konsepnya, sisanya informasi tambahan bakalan bisa mengikuti. penting untuk bisa baca teknik skimming dan scanning, cari keyword dan hindari baca paper per kata (bikin pusing dan juling cuy) serap intinya dan kalo ambil referensi dari luar negeri mulai pahami ya bahasa inggris teknik yang terkadang mengandung kata antah berantah. Toefl tidak terlalu banyak berpengaruh, tontonlah channel2 teknologi atau film film sci-fi yang sering punya kosa kata aneh.

4. Asah Tingkat kreatifitas dan mental tahan banting
Ketika progress pengerjaan tugas akhir pada awalnya akan biasa saja. seperti tugas-tugas pada umumnya desakan dari diri sendiri, lingkungan, dan dosen pembimbing pun akan biasa saja. jangan terlena dan jangan ikut santai-santai. disini lah pentingnya kamu set goal di awal biar tau path dan jalan kamu mau kemana. bukan jalan limbung kesana kemari seperti bebek yang ikutan temen-temennya. atau kambing tanpa penggembala. Kamu harus siap untuk memecahkan masalah dengan cara yang gak biasa, dan belum tentu juga tawaran penyelesaian masalahmu itu bakal fit sama hasil yang diharapkan
pengalaman pribadi sih jatuh bangun beberapa kali salah konsep, flowchart dan harus mulai simulasi dari awal lagi padahal H-20 terus menghantui. Be creative - berpikirlah dan yakin bahwa semua masalah ada penyelesaiannya, kalo belum nemu ya cari penyelesaian sendiri, ingat ingat bahwa dibalik kesulitan selalu ada kemudahan (Surat Al-insyirah bukan sih? heheh...) Tahan banting perlu banget untuk kondisi seperti ini. Laa Tahzan, Jangan sedih, Allah barengan sama kita.

5. Banyak deket sama Tuhan, dan Orang tua.
Kalo Tuhan udah bilang "Iya.." terus apasih yang gak mungkin. kalo TA dibelain sempurna terus ibadah seadanya emang sadar gak itu inspirasi datengnya darimana? Perbanyak ibadah jangan kalo ada butuhnya aja (ngomong sama diri sendiri) dan selalu tanya kabar orang tua sesibuk apapun, jangan pernah cuekin Papa ibu hanya karena alasan sibuk TA.

Buat antek antah berantah yang berjuang mengejar kejelasan cin(TA) dan skripsweet, semoga yang lagi digantung bisa cepet dapat kepastian ya. Yang terpenting terus berusaha dan yakinlah semua pasti bakalan baik-baik aja pada akhirnya. kalo belum baik-baik aja berarti itu belum akhir. Keep Fighting !

Bonus kata-kata ciamik dari papa awak yang selalu awak inget pas ngeluh telponan.

Le me, meanwhile in telepon ceritanya

Aku ; udah di coba pah, tapi tuh ini susahnya kayak nyari jarum ditumpukan jerami, udah gitu ada timer nya lagi. gak bisa nemu nemu pah. susah, yak apa aku engga ngerti iki wesan. gak tau maneh wes aku. pusing.....

Papa : Bisa... pasti bisa....

Aku : susah pah, gimana coba nyari jarum ditumpukan jerami? susah kan

Papa : pake magnet dong magnet yang gede biar kalo lewat jerami jarumnya nempel sendiri. gausah dicari kan?

Aku : ........ pah aku serius .........

Papa : papa juga serius,

(intinya : think out of the box execution inside the box)

NDSD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar